SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Acara peluncuran buku dan talkshow suara dari desa: menuju revitalisasi PKK

Apakah PKK hanya sebagai pelengkap desa? Ataukah punya peran yang lebih besar. Penelitian team studi kajian gender program pascasarjana UI dan Yayasan TIFA ini memperlihatkan bahwa peran PKK ternyata jauh lebih besar daripada sekedar pelengkap. Dari diskusi berlangsung muncul berbagai  kesaksian bahwa meski PKK terlihat sangat dibutuhkan dan punya peran penting, namun demikian PKK juga punya banyak problem untuk eksistensinya.

Pertama kader PKK semuanya adalah berbasis sukarela. Jdadihal ini sgt menyulitkan untuk proses regenerasinya. Banyak kader yang bertahan yang sudah tua-tua karena anak mudanya terlihat enggan berkiprah sebagai kader PKK.

Kedua, kepengurusan/kepemimpinan PKK biasanya terkait dengan kepemimpinan struktural jabatan politis, misal dari tingkat pusat, provinsi adalah istri gubernur, tingkat kabupaten, istri bupati, dan seterusnya. Repotnya dengan struktur seperti ini jika ada problem dengan jabatan politis tersebut, maka itu juga berpengaruh kepada kepemimpinan PKK. Jadi dalam diskusi muncul usulan untuk membuat pemilihan kepemimpinan PKK menjadi secara langsung dipilih oleh kader terkait. Namun wacana ini juga masih riskan mengingat bahwa keterlibatan struktural sesungguhnya untuk “memaksa” secara tidak langsung keterlibatan penguasa setempat terlibat dalam pemberdayaan PKK.

Ketiga, masalah klasik yang dialami adalah keterbatasan dana yg dimiliki oleh PKK. Jadi pemberdayaan PKK juga berarti harus ada alokasi dana yang cukup untuk PKK.
Nurul Arifin menegaskan bahwa PKK penting dan jadi ujung tombak untuk pemberdayaan masyarakat di tingkat desa. Bahkan lebih jauh, termasuk pemberdayaan masyarakat tingkat nasional. Karena masyarakat negara adalah kumpulan masyarakat-masyarakat desa. Jadi jika pemberdayaan di tingkat desa berhasil dilaksanakan, maka pemberdayaan masyarakat nasional juga terjadi.

Nurul Arifin menegaskan bahwa PKK penting dan jadi ujung tombak untuk pemberdayaan masyarakat di tingkat desa. Bahkan lebih jauh, termasuk pemberdayaan masyarakat tingkat nasional. Karena masyarakat negara adalah kumpulan masyarakat-masyarakat desa. Jadi jika pemberdayaan di tingkat desa berhasil dilaksanakan, maka pemberdayaan masyarakat nasional juga terjadi. cara peluncuran buku dan talkshow suara dari desa: menuju revitalisasi PKK.

Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*