SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Belum Ada Titik Temu Soal Parliamentary Threshold

NurulArifin.Com – Rapat Panitia Kerja (Panja) RUU Pemilu yang digelar Senin (27/2) malam, belum berhasil menyepakati poin ambang batas parlemen (Parliamentary Threshold/PT).

Menurut anggota Panja RUU Pemilu dari Fraksi Partai Golkar (F-PG) Nurul Arifin, pembahasan masih difokuskan pada PT sebagai salah satu materi lobi.

“Masing-masing anggota Panja masih bersikukuh dengan pendapatnya masing-masing dan belum ada kesepakatan. Semua alasan akademis sudah dikemukakan semenjak awal, dan itu sudah cukup untuk mengambil sikap sebenarnya,” ujar Nurul, Selasa (28/2).

Masing-masing fraksi, lanjut Nurul, mengemukakan alasan yang sebelumnya juga sudah dikemukakan pada pembahasan tingkat pertama. “Menurut saya, ini butuh keputusan politik,” tegas Nurul.

Anggota Komisi II DPR ini mengatakan, keputusan politik itu dibutuhkan karena studi akademis dan mendengarkan berbagai kalangan sudah dilakukan.

“Golkar tetap berpendapat, belum ada alasan yang terlalu kuat untuk meruntuhkan keyakinan akademis, termasuk riset Mainwaring, bahwa efektivitas pemerintahan dalam sistem presidensial harus berkombinasi dengan sistem dua partai atau multipartai sederhana. Karena kompatibilitas sistem presidensial dan multipartai sederhana akan mampu mengefektifkan sistem pemerintahan,” papar anggota DPR Dapil Jawa Barat VII ini.[Jurnal Parlemen]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*