SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Diskusi Peningkatan Keterwakilan Perempuan

NurulArifin.Com – Women Research Indonesia bekerjasama dengan Kaukus Perempuan Parlemen mengadakan Round Table Discussion terkait masalah Keterwakilan Perempuan di Parlemen.

Sebagai pembicara dalam diskusi tersebut adalah Ibu Nurul Arifin, ibu Chusnul Mar’iyah dan Bapak Ganjar Pranowo.  Diskusi yang dilaksanakan dalam rangka memberikan usulan bagi draft RUU pemilu terkait keterwakilan perempuan yang saat ini tengah di godok di panja pemilu DPR RI.

Salah satu pokok masalah yang menjadi penghambat peningkatan keterwakilan perempuan di parlemen adalah karena ketiadaan sanksi dalam UU pemilu  jika partai politik dianggap tidak memenuhi kuota 30 % bagi caleg perempuan terpilih.  Kedua, partai politik seringkali mengelak meningkatkan keterwakilan perempuannya di parlemen dengan alasan keterbatasna jumlah perempuan yang berkualitas.

Dalam diskusi yang diadakan tanggal 2 januari 2012 itu, muncul wacana bahwa partai politik dapat diberikan “insentif” atau “bonus” jika jumlah perolehan kursi untuk perempuannya tinggi.  Peserta diskusi sepaham bahwa memaksakan sanksi bagi partai politik adalah sesuatu hal yang masih mustahil saat ini. Untuk persoalan kedua, disepakati pula bahwa jumlah perempuan yang masuk ke dunia politik harus lebih banyak dan ditingkatkan kualitasnya.

Tentu saja persoalan ini bukan persoalan satu dua orang perempuan saja, tetapi juga maalah semua anggota masyarakat  dan stake holder. Peningkatan keterwakilan perempuan bukan hanya untuk perempuan saja, namun tujuannya adalah untuk seluruh anggota masyarakart. Karena Ssemakin baik kualitas perempuan di parlemen,  semakin baik kualitas kebijakan politik yang dibuat pemerintah.[Sekar]

Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*