SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Diskusi Rountable: Parliamentary Threshold

NurulArifin.Com – Departemen Kajian Kebijakan DPP Partai Golkar mengadakan diskusi Rountable yang bertema : “Merumuskan Strategi Partai Politik dalam Menghadapi Rencana Penerapan Ambang Batas Parlemen pada Pemilu 2014” .

Bertempat di Hotel Gran Melia, 12 Oktober 2010 dihadiri oleh Chairuman Harahap (Ketua Komisi II DPR RI), Hadar Gumay (Direktur Eksekutif CETRO), Rizal Mallarangeng, Ph. D (Ketua Dep. Kajian Kebijakan DPP Partai Golkar), Dr. Idrus Mrham (Sekjen DPP Partai Golkar), Teguh Juwarno (PAN), Ahmad Muzani, Dossy Iskandar Prastyo, Choirul Anam, Letjen TNI (Purn) Sutiyoso.

Diskusi ini membahas ketentuan tentang Parliamentary Threshold diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pelaksanaan sistem demokrasi di negara kita. Kalau dalam penerapannya ditemukan adanya kekurangan, merupakan hal yang wajar, sepanjang kekurangan tersebut dapat dicarikan solusi.

Bagi partai Golkar, kenaikan secara bertahap untuk mencapai angka 5% PT dalam pemilu 2014 adalah bagian dari penataan dan pendisiplinan arah demokrasi Indonesia.  Bagimanapun, keberadaan jumlah partai politik yang banyak di parlemen tidak terkait langsung dengan penyaluran aspirasi publik. Apalagi, dalam situasi sekarang, aspirasi publik dapat dilihat dai survei, jajak pendapat, sensus ataupun penelitian. Oleh karena itu usaha menaikkan angka parliamentary threshold juga bisa dilihat sebagai salah satu cara untuk mendisiplinkan partai politik, sekaligus juga politisi.[NM]

Tags: ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Pingback: mahmudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*