SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Hanya Perempuan Yang Bisa Memperjuangan Kepentingannya

Hari Rabu, 29 September 2010 Nurul Arifin diundang Partnership for Governance Reform menjadi salah satu nara sumber dalam acara Focus Group Discussion di hotel Cemara, Jl. Wahid Hasyim No.69, Menteng.

FGD yang membahas Kebijakan dan Strategi Peningkatan Keterwakilan Perempuan Pemilu 2014 (Menyusun Agenda Legislasi UU Politik Menuju Pemilu 2014) ini memang membutuhkan perhatian khusus.

Sebagaimana diketahui kebijakan afirmasi (affirmative action) dalam bentuk kuota keterwakilan perempuan, yang diterapkan sejak Pemilu 2004 menunjukkan hasil yang positif.

Jika pada Pemilu 1999 jumlah perempuan anggota DPR hanya 9,00%, pada Pemilu 2004 meningkat menjadi 11,09%, dan pada Pemilu 2009 meningkat lagi menjadi 17,86%. Peningkatan juga terjadi pada anggota DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota, meski jumlahnya masih jauh dari angka critical mass 30%. Oleh karena itu menambah jumlah perempuan di parlemen tetap menjadi agenda penting demi meningkatkan partisipasi politik perempuan dalam perumusan kebijakan.

Bagaimanapun, hanya perempuan yang bisa dengan baik memperjuangkan kepentingan kelompok perempuan yang masih terpinggirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*