SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Ini Hasil Kunjungan DPR ke Ditjen Adminduk Kemdagri

NurulArifin.Com – Komisi II DPR dan Pansus RUU Pemilu, Rabu (22/2) ini mengunjungi Direktorat Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri. Mereka melihat updating (pemuktahiran) data kependudukan terkait Program e-KTP yang seyogianya selesai Desember 2012.

Menurut anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Golkar Nurul Arifin, ada sejumlah temuan yang didapatkan rombongan dalam kunjungan ke Ditjen Adminduk Kemendagri. Pertama, Program e-KTP berhasil menemukan sejumlah 7 juta data penduduk yang ganda.

“Untuk mengatasi persoalan ini, Ditjen Adminduk melakukan pembersihan data ganda tersebut dengan cara mengembalikan data ganda yang dimaksud kepada Pemda terkait. Pemda terkait harus mengembalikan kepada penduduk dengan data ganda untuk menentukan sendiri domisili riilnya. Sejauh ini, masih terdapat 2 juta data ganda yang harus dibersihkan oleh Ditjen Adminduk,” kata Nurul kepada Jurnalparlemen.com, Rabu (22/2).

Temuan kedua, untuk perekaman sidik jari secara online, Dirjen Adminduk mengakui bahwa sampai minggu lalu masih ditemui data ganda sebanyak 72 ribu yang ditemukan melalui Program e-KTP tidak akan dapat diketahui.

Ketiga, mulai Maret 2012 sistem SIAK akan online pada semua kecamatan. Pada Tahun 2011 sebanyak 2.038 kecamatan di Indonesia sudah online di semua Kabupaten/Kota.

Keempat, pembersihan data DAK-2 dan DP4 yang berbasis data pemuktahiran NIK dilakukan dari realisasi e-KTP dengan periode waktu tertentu.

Kelima, Desember 2012 data kependudukan ini seyogianya selesai, sehingga Januari sudah dapat digunakan bersama KPU untuk menjadi data kependudukan dalam menentukan Dapil Kabupaten/Kota dan Provinsi.

“Komisi II dan Pansus RUU Pemilu DPR RI berpendapat bahwa program ini adalah sangat baik dan berguna bila dapat dioptimalkan kerja pemuktahiran data kependudukan oleh Kemendagri. Data ini akan dipakai sebagai basis data kependudukan dalam semua aspek terutama pemuktahiran data pemilih dan penentuan dapil,” kata Nurul.[JurnalParlemen]

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*