SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

KOMISI II DPR Mulai Uji Calon Anggota Ombudsman Republik Indonesia

NurulArifin.Com – Ombudsman Republik Indonesia sebelumnya bernama Komisi Ombudsman Nasional adalah lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan penyelenggara negara dan pemerintahan, BUMN, BUMD, dan Badan Hukum Milik Negara serta badan swasta atau perseorangan yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Lembaga ini dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia yang disahkan dalam Rapat Paripurna DPR pada 9 September 2008.

Dan pada hari senin tanggal 17 January 2010 Komisi II DPR RI melaksanakan Fit and Proper Test Calon Anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI) untuk memilih anggota Ombudsman Republik Indonesia. Pemilihan yang dipimpin Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap berlangsung di Gedung DPR/MPR, Jakarta, hingga rabu lusa. Seleksi akan diikuti 18 bakal calon anggota Ombudsman.

Fit and Proper Test calon Anggota ORI hari pertama ini akan menilai sebanyak 6 orang calon, yaitu Hj Azlaini Agus, Budi Santoso, Budi Wahyuni, Danang Girindrawardana, Helvis dan Hendra Nurtjahyo.

Nama-nama yang diajukan ke DPR merupakan hasil seleksi oleh pemerintah dengan memperhatikan masukan dari masyarakat mengenai rekam jejak mereka selama ini. Dari 18 nama calon itu, akan dipilih delapan nama.[NA]

Tags: ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Pingback: hendra nurtjahjo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*