SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Kunker Ke Malut Dalam Rangka Masukkan Terkait RUU Daerah Kepulauan

NurulArifin.Com – Kamis (28/10) Nurul Arifin selaku anggota Komisi II DPR RI dan beberapa rekan dari komisi tersebut sedang melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Maluku Utara dalam rangka mendengarkan usula atau masukan terkait RUU Daerah Kepulauan.

Rombongan Komisi II diterima Wakil Gubernur Maluku Utara Said Assegaf, Maluku Utara merupakan salah satu Provinsi Kepualauan dari 7 Provinsi yang masuk kategori tersebut.

RUU Daerah Kepulauan diperlukan karena bagaimanapun bentuk georafis wilayah Kepualauan berbeda dengan daerah yang memiliki luas daratan lebih besar dibandingkan wilayah laut/air.

Selama ini perlakuan terhadap Provinsi Kepualaun disamakan dengan Provinsi daratan (wilayah darat lebih luas atau dominan). Faktanya pembangunan di wilayah kepualaun lebih mahal begitu juga dengan biaya transportasi wilayah Kepulauan lebih mahal dikarenakan mayoritas transportasi melalui jalan ari/laut.

Dari data Bapenas 7 Provinsi dengan kategori Kepualaun (Bangka Belitung, Kep Riau, NTB, NTT, Sulut, Maluku dan Maluku Utara) beberapa diantaranya merupakan Provinsi dengan kategori Miskin, MIsalnya kasus kemiskinan yang terjadi  Maluku dan NTT.[NA/sak]

imagebam.com

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*