SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Laporan Kunker ke Surakarta (Terkait Pelaksanaan Program e-KTP)

NurulArifin.Com – Hari ini Senin (31/10) kami melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kota Surakarta (Solo) Jawa Tengah guna menilik pelaksanaan program e-KTP di kota Batik ini.

Wakil Walikota Surakarta FX.Rudiatmo memberi penjelasa terkait pertanyaan Saya tentang pelaksaan e-KTP di wilayah kerjanya.

Wakil Walikota mengakatan bahwa pelaksaan program ini tidak bisa selesai pada Desember tahun ini sesuai dengan yang ditargetkan karena dari 20 set alat yang dijanjikan pemerintah pusat baru 10 set alat yang diterima itupun dengan catatan 3 alat mengalami kerusakan dan tidak lengkap.

Agar alat yang rusak atau tidak lengkap tersebut bisa dipergunakan mau tidak mau Dinas Kependudukan setempat melakukan aksi “kanibal” yaitu melakukan perbaikan bagian yang rusak dengan alat-alat yang bisa pergunakan.

Hingg akhir Oktober ini telah usai 84 ribu e-KTP dari 340 ribu yag harus diselesaikan, pemerintah kota Surakarta juga telah melakukan dua shift pendaftaran yaitu dari pukul 08:00 hingga 16:00 dan 16:00 hingga 21:00.

Shift pertama ditujukan bagi para pekerja swasta dan sore hari diperuntukkan bagi para pekerja yant tidak terkena potongan gaji.

Namun dari tim Kementrian Dalam Negeri yang mendampingi kami peroleh keterangan bahwa sisa alat yang belum didapatkan oleh Surakarta akan dikirim pada tanggal 12 November mendatang, jika keterangan ini benar maka dalam bulan Desember target Pemkot Surakarta bisa terealisasikan.

Pemkot Surakarta dalam proses pelaksaan e-KTP ini menyelesaikan dulu sistem baru melakukan kegiatan registrasi.

Program SIAK sudah mulai dilakukan dari tahun 2000/2004, NIK telah selesai pada tahun 2010 dan distribusi e-KTP tahun 2011 (rencana yang ditetapkan).[Na]

Bersama Ganjar Pranowo dan Walikota Surakarta Joko Widodo

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*