SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Lokakarya Kepemimpinan Politik Yang Efektif

NurulArifin.Com – Search For Common Ground (SFCG)  bekerja sama dengan Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPPI) dan Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) bekerja sama membuat “Lokakarya Kepemimpinan Politik” Yang Efektif untuk anggota DPR dan DPD perempuan lintas fraksi dan daerah dari tanggal 11-13 Maret 2011.

Lokakarya dipandu Daryl Glenney seorang fasilisator internasional dan konsultan politik di Washington DC dan Rinno seorang fasilisator nasional KPI, spesialis bidang HAM, keadilan jender dan Perlindungan Anak.

Pada hari pertama, Jumat 11 Maret 2011 materi  pada sesi pertama adalah kepemimpinan dan Kekuatan. Dalam sesi ini mengupas tentang kualitas sebuah kepemimpinan, elemen-elemen dan sumber kekuasaan, dan mengidentifikasi “label” kepemimpinan.

Pada sesi kedua membahas bagaimana mengkomunikasikan keaslian pribadi peserta dengan mengupas bagaimana mentargetkan audiens peserta, membangun pesan, tentang isu-isu manajemen, keterampilan berbicara di hadapan publik. Dan menyiapkan pidato dalam 3 menit dan. membawakan pidatonya 3 menit.

Materi pada hari kedua, Sabtu 12 Maret 2011 adalah  bagaimana menegaskan basis konstituen peserta, bagaimana membangun koalisi, serta tetap menjaga hubungan dan kepemimpinan untuk semua.

Pada sesi selanjutnya dibahas tentang peran peserta di parlemen, yang mengupas tentang memperoleh respek, oposisi yang dihormati, tekhnik resolusi konflik dan menangani isu-isu yang kontroversi.

Pada hari ketiga atau hari terakhir, minggu, 13 Maret 2011 materinya adalah  pesan media yang efektif dan bagaimana membingkai isu-isu. Intinya pada hari terakhir ini bagaimana mengelola media agar dapat menjadi salah satu faktor pendukung anggota legislatif perempuan. Dalam sesi ini dijabarkan pula materi tentang bagaimana membuat berita, diwawancarai dan menyiapkan sebuah konferensi pers.

Lokakarya berlangsung dengan meriah dan memuaskan semua pihak, baik yang mengikuti maupun yang menyelenggarakan. Peserta yang terdiri dari anggota DPR dan DPD perempuan sangat kritis, dan patuh mengikuti semua roleplay. [Sekarwati, M.Si]

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*