SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Marzuki Alie Tak Paham Ilmu Politik

NurulArifin.Com – Anggota Komisi II dari Fraksi Partai Golkar, Nurul Arifin mengatakan pernyataan Ketua DPR Marzuki Ali tentang penghapusan pembagian fraksi di DPR sangat kontroversi. Bahkan Nurul berpendapat pernyataan tersebut keluar karena Marzuki tidak memiliki latar belakang disiplin ilmu politik yang kuat.

“Penyataan Pak Marzuki sangat kontroversial. Mungkin beliau sendiri bukan berlatar ilmu politik sendiri sehingga tidak memahami,” kata Nurul kepada wartawan di DPR, Jakarta, Senin (23/7/2012).

Nurul mengaku tidak sependapat dengan Marzuki terkait penghapusan pembagian fraksi tersebut. Sebab, menurutnya fraksi merupakan kepanjangan tangan dari partai yang ada di parlemen. Secara teori, sambung Nurul, jika seseorang telah masuk menjadi anggota parpol artinya juga telah memiliki gagasan atau ide yang sama diantara keluarga besar parpol tersebut.

“Kalau sudah setuju menjadi anggota parpol dan tidak setuju dengan fraksi kondisi yang aneh sekali. Fraksi tetap diperlukan. Fraksi sebagai kepanjangan tangan dari DPP dan parpol. Kalau tidak ada fraksi sulit membayangkan mengontrol anggota dewan tersebut, dan fraksi dibutuhkan untuk meneruskan yang diputuskan oleh parpol. Kalau ditiadakan satu kesalahan yang fatal,” jelasnya.

Lebih lanjut Nurul juga menerangkan sebuah gagasan yang disinyalir bisa memangkas jumlah fraksi di DPR. Yakni dengan melakukan revisi undang-undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD untuk membentuk fraksi dengan jumlah persentase minimal 10 persen dari jumlah keseluruhan anggota dewan. “Kalau dari Golkar merevisi UU MD3 dengan fraksi minimal 10 persen dari kursi yang ada di DPR. Jadi parpol bisa membentuk fraksi kalau anggotanya 56 orang, kalau tidak sampai 56 orang harus bergabung dengan fraksi lain, kalau ditanyakan efektifitasnya fraksi tetap perlu,” tandasnya.[Okezone]

Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*