SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Nurul Arifin: Pemerintah Lamban Sehingga Terkesan Indonesia Negara Gagal

NurulArifin.Com – Indonesia bukan negara gagal. Namun, karena kinerja pemerintah yang lambat dalam segala hal, sehingga terkesan Indonesia menjadi negara gagal.

“Tapi saya setuju 1000 persen jika masalah utama di Indonesia adalah korupsi,” ujar Wakil Sekjen DPP Partai Golkar Nurul ArifinĀ  (Jumat, 22/6).

Menurut dia, negara belum mampu memberantas masalah korupsi dengan maksimal. Sehingga dia menilai akar permasalahan dari negara ini adalah korupsi “Kita harus sama-sama memberantas korupsi, membangun infrastruktur dan pangkas birokrasi. Serta menjunjung azas transparan dan akuntabel,” ungkapnya.

Hal itu disampaikan Nurul menanggapi Indeks Negara Gagal atau Failed States Index 2012 yang dipublikasikan di Washington DC, Amerika Serikat, Senin lalu (18/6) dimana Indonesia menduduki peringkat ke-63 dari 178 negara. Dalam posisi tersebut, Indonesia masuk kategori negara-negara yang dalam bahaya atau in danger menuju negara gagal.

Namun, dia sepakat indeks yang dirilis Fund for Peace harus jadi peringatan.

Warning itu bagus. Walau saya tidak sependapat jika Indonesia dikatakan failed state. Indikatornya apa? Jika negara gagal artinya kita semua berkontribusi dalam kegagalan itu,” ucap Nurul Arifin.

Paling tidak lanjut Nurul, civil society tidak berhasil menjalankan fungsi kontrol terhadap pemerintahan.[RMol]

Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*