SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Nurul Arifin: “Bawaslu Over Acting”

NurulArifin.Com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta untuk memaksimalkan kinerjanya dalam pengawasan Pemilu. Bawaslu harus lebih memahami tugasnya dibidang pengawasan tahapan Pemilu. Mestinya Bawaslu fokus pada fungsi pokoknya, dengan cara memproses pelanggaran Pemilu dan melaporkannya pada lembaga yang berwenang menangani.

Anggota Komisi II DPR Nurul Arifin mengatakan, mestinya Bawaslu melaporkan pelanggaran kode etik ke DKPP, jika ada pelanggaran administrasi ajukan ke PTUN. Sementara itu jika ditemukan pelanggaran pidana, Bawaslu yang melaporkannya ke Kepolisian.

“Rekomendasi soal 12 Parpol itu berlebihan. Bawaslu Jangan ‘Over acting’lah. Itu sudah diluar kewenangan Bawaslu,” kata Nurul Arifin dalam diskusi bertema ‘Komisioner versus Birokrat KPU’  di Media Center Bawaslu, Jumat (16/11/12).

Nurul juga mengkhawatirkan apa yang dilakukan Bawaslu hanya akan menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Menurutnya, lebih baik Bawaslu mengoptimalkan fungsinya sebelum mengajak organisasi lain terlibat dalam perseteruannya dengan KPU.

Diskusi yang digelar oleh Komunitas Jurnalis Peduli Pemilu (KJPP) itu juga menghadirkan pembicara lain, Endang S dari Bawaslu, Titi Anggraia (Perludem) dan Neneng A Tuty (Partai Nasrep). Sebagai moderator dalam diskusi ini, Haryo Sudrajat dari Koran Jakarta.[Lensaindonesia]

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*