SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Nurul Arifin: Calon Presiden Independen Tidak Realistis

NurulArifin.Com – Sekarang mayoritas di parlemen merupakan gabungan partai seringkali tidak mudah meloloskan kebijakan-kebijakan.

Wakil Sekjen Partai Golkar, Nurul Arifin, mengatakan sulit  membayangkan tokoh independen non partai bisa maju menjadi calon  presiden (Capres) dan memimpin bangsa ini.

Alasannya, realitas sekarang mayoritas di parlemen merupakan gabungan partai seringkali tidak mudah meloloskan  kebijakan-kebijakan. Apalagi tokoh non partai pendukung yang  menjadi Presiden.

“Saya pribadi tidak dapat membayangkan akan seperti  apa kondisinya. Contoh aktual seperti polemik di Garut, Jawa Barat.  Walau hanya wakil bupati yang mundur, namun perkaranya tidak mudah  diselesaikan karena pasangan kepala daerah tersebut adalah pasangan  independen yang tidak diusung partai. Hingga saat ini belum ada  penyelesaian karena undang-undang belum mengatur tentang kondisi seperti itu,” kata  Nurul di Jakarta hari ini.

Nurul menjelaskan partai adalah tiang demokrasi dengan  fungsi-fungsi yang melekat padanya seperti melakukan  pendidikan,  agregasi, aspirasi, rekrutmen, dan kaderisasi politik. Seharusnya partai  didukung sebagai satu subsistem yang tidak terpisahkan dengan sistem  presidensial.

“Golkar berharap hendaknya kita tidak mundur dengan  mereduksi sistem yang sudah mapan. Selayaknya kita memperkuat sistem  yang sudah berjalan dengan baik,” ujar anggota Komisi II DPR ini.

Mantan artis ini menegaskan pihaknya sebagai legislator selalu berpegang  pada konstitusi yang menjadi dasar membuat UU. Dalam UUD 1945, Pasal 6A  ayat 2 disebutkan bahwa Pasangan Capres dan Cawapres diusulkan oleh  Parpol atau gabungan Parpol.

Dengan ketentuan itu, capres independen  tidak diperbolehkan. Jika perlu capres independen maka perlu amendemen  konstitusi terlebih dahulu.[Beritasatu]

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*