SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Nurul Arifin Menerima Rombongan Kades (APDESI) Kab Karawang

NurulArifin.Com – Kamis (8/9), Nurul Arifin menerima rombongan asosiasi kepala desa  dari Kabupaten Karawang. Pertemuan yang dilaksanakan di ruang tamu komisi II ini membahas berbagai aspirasi masyarakat Karawang dan aspirasi kepala desa.

Pokok bahasan pertama adalah  kepala desa di Kabupaten Karawang menyampaikan aspirasinya terkait dengan RUU tentang desa. Mereka  mengharapkan masa jabatan mereka yang hanya enam tahun bisa diperpanjang menjadi 8 tahun. Menurut mereka, dalam masa kerja 6 tahun tersebut banyak program dan persoalan masyarakat desa yang belum tuntas diselesaikan, seringkali  bahkan untuk urusan kerukunan masyarakat desa yang masih perlu dibina setelah terpecah-pecah setelaah pilkades..

Masih terkait dengan bahasan RUU desa, para kepala desa Kabupaten Karawang ini meminta masalah kesejahteraan kepala desa  harus menjadi prioritas dalam pembahasan RUU desa. Dan hal terpenting lainnya adalah apakah nanti undang-undang tersebut bisa berlaku surut. Jika tidak,  sedikit disayangkan karena ini berarti  apa yang diperjuangkan oleh kepala desa dan APDESInya tidak dapat dinikmati oleh yang bersangkutan.

Menangggapi berbagai aspirasi kepala desa terkait RUU desa tersebut, Nurul Arifin yang didampingi oleh ketua komisi II, Chairuman Harahap tersebut berjanji  akan menyampaikan dalam pembahasan RUU desa nanti. Karena sampai saat ini DPR memang belum menerima draf RUU desa dari pemerintah, jadi belum ada pembahasan di komisi II.

Kedua, pokok aspirasi yang disampaikan oleh APDESI Kabupaten Karawang adalah mengenai program pembangunan untuk desa. Untuk Kabupaten Karawang khususnya,  diharapkan diperbanyak program untuk desa karena desa di Kabupaten Karawang sangat memprihatinkan. Banyak jalan dan rumah penduduk maupun kantor desa yang rusak. Karena itu diharapkan diperbanyaak pembangunan fisik seperti  jalan desa,  air bersih, listrik ataupun program-program lain untuk program non fisik seperti penguatan kapasitas aparatur desa.

Salah satu program yang mendapat sorotan dan dibahas secaraa mendalam adalah program PNPM mandiri yang digulirkan oleh kemendagri. APDESI Kabupaten Karawang menilai program tersebut sangat positif meskipun ada beberapa hal yang perlu dievaluasi. Salah satunya adalah mekanisme pengawasan yang belum jelas dan seragam antar desa dan antar kecamatan. Sehingga ukuran kerberhasilan program masih dipertanyakan. PNPM Mandiri memang dirasakan manfaatnya, namun menurut kepala desa ini pemerintah pusat hendaknya juga melakukan pengawasan terhadap proses pelaksanaannya, yang seringkali tertunda karena terhambat pencairan dana dari APBD.

Pertemuan yang diwarnai oleh suasana santai  meski terjadi diskusi yang serius,  dianggap beberapa kepala desa yang hadir juga sebagai bagian dari reuni karena beberapa kali kesempatan Nurul Arififn telah mendatangi dan membuat program di desa mereka.
Nurul Arifin menyatakan bahwa suudah ada dalam agenda program kerjanya untuk melakukan cek ricek sebagai bentuk pengawasan anggota dewan pada  program pnpm mandiri di dapilnya, yakni Kabupaten Karawang. Seperti biasa, acara ditutup dengan berfoto bersama.[Sekar]

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*