SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Nurul Arifin Setuju Wacana Pilkada Serentak di Indonesia

NurulArifin.Com – Anggota Komisi II DPR RI Nurul Arifin setuju dengan wacana pilkada serentak. Menurut politisi Golkar itu, wacana RUU Pilkada sudah dimunculkan sejak 2006.

“RUU Pilkada sudah dimunculkan sejak Pak JK (Jusuf Kalla) jadi ketua umum (Golkar),” kata Nurul Arifin di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (14/9/2012).

Nurul lalu mencontohkan Brazil yang memiliki 5.900 pilkada. Negara tersebut lalu melaksanakan pilkada serentak dalam sehari dengan sistem e-voting. “Itu hanya empat jam saja dilaksanakan,” katanya.

Ia mengatakan, Brazil memiliki pengadilan pemilu di setiap daerah. Hal itulah yang membuat pilkada serentak tidak menemui hambatan. “Jadi jika memang kita ingin melaksanakan pilkada serentak, Pengadilan Pemilu wajib hukumnya,” ujarnya.

Nurul mengatakan untuk menggelar pilkada serentak dengan sukses, masyarakat harus taat aturan. Kemudian terdapat koalisi yang permanen.

“Koalisi parmanen dalam pengusungan calon kepala daerah itu juga salah satu cara untuk mengerucutkan jumlah parpol. Sehingga penyelenggaraan pemerintah juga bisa stabil,” imbuhnya.[Tribunnews]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*