SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Nurul Arifin Soroti Birokrasi Pengelolaan Daerah Perbatasan

NurulArifin.Com – Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Golkar (F-PG) Nurul Arifin menyoroti panjangnya rantai birokrasi dalam pengelolaan daerah perbatasan di Indonesia. Hal ini sangat berbeda dengan India yang telah berhasil dalam mengelola daerah perbatasan secara lebih efisien.

“Kalau sekarang saya lihat terlalu tersebar di berbagai departemen. Kita punya sikap birokrat dan rantai birokrasi jadi begitu panjang,” ujar Nurul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (24/5). Beberapa waktu lalu, bersama sejumlah anggota Komisi II, Nurul melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke India.

Nurul menjelaskan, di India hanya ada dua kementerian yang menangani wilayah perbatasan yaitu Kementerian Pertahanan dan Kementerian Dalam Negeri. Wasekjen DPP Partai Golkar ini mengatakan, Kementerian Pertahanan pada tingkat pemerintah federal berfungsi menjaga perbatasan dari serangan negara lain.

Sementara, Kementerian Dalam Negeri mempunyai paramiliter yang bertugas menjaga perbatasan terhadap lalu lintas manusia dan perdagangan. Bagaimana dengan di Indonesia? “Di sini kan ada sebelas institusi,” pungkas anggota DPR Dapil Jawa Barat VII ini.[Jurnal Parlemen]

Tags: ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

3 Responses

  1. Pingback: saharudin

  2. Pingback: Thomas Dohu

  3. Pingback: doni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*