SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Nurul Harap KPU Tidak Lagi Undurkan Batas Verifikasi Partai

NurulArifin.Com – Anggota Komisi II DPR menyayangkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menunda untuk mengumumkan nama-nama partai politik yang lolos verifikasi pada Kamis (25/10/2012) malam tadi.

Pasalnya Kamis malam itu merupakan batas akhir pengumuman nama-nama partai politik yang lolos Pemilu 2014 hasil verifikasi dokumen dan faktual KPU.

“Saya berharap KPU tidak lagi memundurkan batas verifikasi partai, karena hal ini akan berimbas pada proses tahapan yang lainnya. Dari hasil rapat dengan komisi II kemarin sudah diklarifikasi bahwa Sipol (Sistem Informasi Partai Politik) bukan satu-satunya alat untuk verifikasi. Jadi bisa digunakan mekanisme lain secara faktual,” ujar Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Golkar, Nurul Arifin, Jumat (26/10/2012).

Menurutnya, Sipol yang dipakai KPU dalam proses verifikasi partai politik dianggap hanya mempersulit administrasi partai politik saja. Bahkan Sipol itu juga menjadi bumerang bagi KPU sendiri.

“Saya melihat bahwa Sipol bukan hanya mempersulit administrasi di partai saja, tapi juga membuat kewalahan KPU sampai KPUD-nya sendiri. Imbauan saya agar secepatnya KPU memutuskan partai-partai mana saja yang sudah selesai diverifikasi, yang belum selesai diberi deadline sampai batas waktu tertentu atau jika tidak, maka partai tersebut otomatis gugur,” ungkapnya.

Nurul enggan berspekulasi apapun terkait mundurnya jadwal pengumuman nama-nama partai politik peserta Pemilu 2014 oleh KPU tadi malam. Namun KPU diharapkan secepatnya untuk mengumumkan nama-nama partai politik tersebut.

“Atau di antara komisionernya saling galau, jadi tidak bisa ambil keputusan. Atau cara membaca syarat lolosnya tidak sama (beda perspektif) jadi tidak ada keputusan melulu. KPU terlalu fokus di hal-hal tekhnis padahal ini kerjaan politik,” jelasnya.

Selain itu, Nurul yakin jika partai-partai besar seperti Golkar, PDIP dan Partai Demokrat tidak akan gugur dalam proses verifikasi ini. Sebab partai-partai besar itu sudah memiliki struktur yang kuat, karena sudah ada jauh sebelum KPU dibentuk. “Tidak mungkin ya kalau partai besar sampai tidak lolos. Namanya KPU menabuh genderang perang,” tandasnya.[Inilah.com]

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*