SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Nurul: Partai Pengusung Harus Selesaikan Konflik Pilkada Papua

NurulArifin.Com – Anggota Komisi II DPR, Nurul Arifin menilai kerusuhan berlatar belakang Pilkada di Puncak Jaya, Papua yang menewaskan 18 warga menjadi tamparan keras bagi proses demokrasi di Indonesia terutama Pemilihan Kepala Daerah yang dilakukan secara langsung.

Kedewasaan berpolitik calon dan ketegasan partai khususnya partai pengusungnya dalam hal ini Partai Gerindra sebenarnya bisa menghindarkan warga bentrok seperti yang terjadi di Papua.

“Bagi saya, hal ini terjadi karena ketidaktegasan partai pengusung. Dan bukan tidak mungkin partai telah menjual keberadaannya hanya untuk menjadi kendaraan politik,” ujar Nurul, Selasa (2/8/2011).

Menurut Nurul, yang juga Wakil Sekjen Partai Golkar melihat ada baiknya penyelesaian konflik tersebut dilakukan internal partai pengusung, dalam hal ini Gerindra.

“Sebaiknya penyelesaian masalah ini dilakukan internal partai pengusung tersebut. Kasihan rakyat atau massa pendukung yang jadi korban sia-Sia. Intinya, Partai Pengusung harus tegas aja pilih Elvis atau Simon,” tegas Nurul

Kasus bentrokan dua kelompok warga yang berawal dari penolakan Partai Gerindra mengusung Simon Alom untuk mendukung Elvis Tabuni

Kasus bentrokan saat Pilkada ini diduga dipicu ketidakpuasan warga pendukung Elvis Tabuni, Ketua DPRD Kabupaten Puncak, terhadap Simon Alom, mantan caretaker Bupati Kabupaten Puncak yang diusung Partai Gerindra. Sebelumnya, Ketua DPRD Puncak Elvis Tabuni mengatakan tahapan Pemilukada di Puncak patut ditinjau kembali karena KPUD setempat melanggar pasal 11 UU 9/2010.

Belakangan pernyataan itu dibantah Ketua KPUD Puncak Nas Labene. Ia mengatakan, pemilu sudah sesuai prosedur dan tidak melanggar UU. Hal ini memicu huru-hara sehingga berakhir dengan bentrok berdarah. Polda Papua menyatakan 17 orang tewas serta puluhan lainnya luka-luka. Semua korban berasal dari kedua belah pihak yang bertikai.[Tribunnews.com]

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*