SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Parliamentary Threshold, Golkar Tetap 5 Persen, Demokrat Mau 4 Persen

NurulArifin.Com – Partai Golongan Karya (Golkar) tampaknya akan tetap bertahan dengan angka parliamentary threshold (PT) lima persen. Namun, angka tersebut tidak mutlak jika partai pohon beringin tersebut mendapatkan kompensasi di pasal-pasal lain.

“PT kita tetap dalam 5 persen, tapi masih tergantung kompensasi di pasal lain, seperti jumlah kursi setiap dapil, sistem pemilu, dan perhitungan,” ujar anggota Komisi II dari Golkar Nurul Arifin, usai rapat internal komisi di DPR RI, Senin (10/1).

Sampai saat ini Golkar masih terus menunggu pergerakan partai-partai lain. Lobi pun masih akan terus dijalankan.

Untuk kursi per dapil, Golkar menjadi partai satu-satunya dalam setgab yang tidak sepakat dengan kursi 3-10.

“Nanti malam kita masih akan rapat, dan ini masih panjang, masih perlu diskusi. Untuk dapil kita masih bertahan di 3-6,” pungkas Nurul.

Sementara itu, anggota Komisi II lainnya, Ramadhan Pohan, dari Partai Demokrat dalam agenda yang sama mengatakan pihaknya lebih memilih empat persen untuk angka PT.

“Kami lebih memilih empat persen, karena itu paling moderat tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Kalau mau lima persen harus dengan argumen yang masuk akal,” paparnya.

Terkait RUU Pemilu secara keseluruhan, Pohan masih memperkirakan empat isu kursi dapil, PT, sistem pemilu dan sistem perhitungan masih menjadi agenda utama dan akan terus berdiskusi sampai menemui kesepakatan.

“Ini masih perlu diskusi, dan ini bakal lama,” jelas Pohan.[MI]

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*