SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Pemilihan KPU dan BAWASLU 2012-2017

NurulArifin.Com – Kamis, 21 maret 2012  dilangsungkan pemilihan anggota KPU dan Bawaslu untuk periode 2012-2017.  Pemilihan yang merupakan rangkaian akhir acara uji kepatutan dan kelayakan yang sudah dilangsungkan sejak senin tanggal 18 maret 2012 lalu ini dilaksanakan dengan cara voting.

Setiap anggota boleh memilih calon dari KPU sampai 7 orang dan Bawaslu sampai 5 orang. Namun dalam proses perhitungan voting yang disaksikan anggota Nurul Arifin, Eddy Mihati, Ratu dan Jamal disebutkan ada anggota yang hanya memilih 5 orang saja untuk KPU.

Suasana ruang rapat komisi II sangat padat dipenuhi masyarakat pemerhati pemilu maupun wartawan  yang  mengikuti jalannya proses pemilihan.

Dalam proses perhitungan, nama yang muncul berkejar-kejaran, dari arif budiman, sigit pamungkas, ida budiati, verry kurnia, hadar gumay, manik. Calon komisioner KPU yang perempuan yang banyak dipilih adalah Ari Damastuti dan Ida Budiati.  Yang menarik adalah sigit melaju dalam urutan pertama perhitungan sementara padahal no urut sigit adalah nomor 13. Hal ini menepis anggapan angka 13 adalah angka sial.

Akhirnya, total angka yang diperoleh oleh para calon anggota KPU yang terpilih adalah:
Sigit Pamungkas 45 suara
Ida Budiati  45
Arif budiman 43
Husni manik 39
Verry K  35
Hadar H gumai 35
Jury Ardiantono 34

Meski antusiasme untuk mengikuti jalannya pemilihan bawaslu tidak sebesar antusiasi ketika pemilihan untuk KPU, namun akhirnya diperoleh anggota  bawaslu terpilih sebagai berikut:

Muhammad 45
Nasrullah 36
Endang W 35
Daniel J 24
Nelson simanjuntak 24

Perempuan yang terpilih baik di KPU dan Bawaslu masing-masing hanya satu perempuan. Meski di KPU tidak memenuhi kuota 30 % namun diharapkan komisioner yang terpilih memberikan harapan baru bagi penyelenggaraan pemilu yang langsung, uum dan rahasia. Serta jujur,dan adil.[Sekar]

Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*