SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Perjalanan Dinas Diminta Sertai Dokumentasi

NurulArifin.Com – Mekanisme perjalanan dinas di jajaran pemerintah pusat maupun daerah diminta diperketat untuk meminimalkan penyimpangan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan yakni menyertakan dokumentasi perjalanan dalam bentuk video atau foto dalam laporan pertanggungjawaban.

“Jika dilakukan, maka sulit untuk mengajukan foto fiktif, rekaman pembicaraan fiktif yang kemudian dilaporkan dalam bentuk laporan kegiatan,” kata anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Nurul Arifin, di Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Hal itu dikatakan Nurul menyikapi temuan Badan Pemeriksa Keuangan adanya penyimpangan perjalanan dinas di pemerintah pusat dan daerah dengan total kerugian negara mencapai Rp 77 miliar selama semester I 2012 . Temuannya yakni perjalanan dinas fiktif, perjalanan dinas ganda, atau melebihi standar yang ditetapkan.

Menurut BPK, penyimpangan perjalanan dinas selalu berulang lantaran pegawai tidak mematuhi ketentuan, lemahnya kendali dari atasan, tidak adanya verifikasi bukti pertanggungjawaban. Selain itu, terdapat biro perjalanan yang menyediakan tiket palsu, boarding pass palsu, dan bill hotel palsu.

Nurul mengatakan, penyimpangan itu terjadi karena rendahnya moral pegawai negeri maupun pejabat. Menurut dia, dengan mekanisme saat ini, memang sulit melakukan verifikasi kebenaran perjalanan dinas karena secara administrasi telah terpenuhi.

“Di akhir tahun, akan ada peningkatan perjalanan dinas yang signifikan. Jadi perlu ada pengaturan mekanisme perjalanan dinas melalui peraturan pemerintah. Harus ada sanksi jika ada PNS atau pejabat yang tidak mengikuti protap dalam PP itu,” ujar politisi Partai Golkar itu. [Kompas]

Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*