SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Perombakan Kabinet Bukan Hal Tabu

NurulArifin.Com – Kinerja anggota kabinet yang dinilai tidak bagus sebaiknya dievaluasi. Melalui hak prerogatifnya, Presiden pun bisa melakukan perombakan guna memperbaiki citra pemerintah.

Politisi Partai Golkar Nurul Arifin menyatakan, penilaian terhadap kinerja menteri adalah hak prerogatif Presiden. Walaupun publik merasa tidak puas dengan kinerja menteri tertentu, tapi tidak akan mengubah apapun jika Presiden tidak merasa atau melihat hal yang sama.

Namun, Nurul berpandangan, masih ada kemungkinan untuk mengganti menteri yang bekerja tidak maksimal. Presiden juga tidak perlu ragu untuk mengganti menteri tersebut demi memperbaiki citra pemerintah dan mengoptimalisasi kinerja pemerintah.

“Bukan hal yang tabu untuk mengganti menteri-menteri yang memang tidak maksimal kerjanya. Apalagi, mengingat masa kerja yang masih cukup lama, yakni 3 tahun,” ujar anggota dewan itu kepada SP, baru-baru ini.

Nurul pun menilai bahwa sebenarnya indikator mekanisme penilaian dari UKP4 sudah bagus, profesional, dan obyektif karena dilakukan secara sistematis. UKP4 juga memberikan catatan-catatan terhadap kementerian tertentu yang pekerjaannya tidak sesuai program awal, tidak menyelesaikan sesuai target, dan lainnya.

Di sisi lain,  semua akan kembali lagi kepada Presiden. Kemungkinannya bahwa Presiden memiliki hitung-hitungan sendiri bahwa itu terkait dengan jatah partai tertentu dan bersifat politis, sehingga sulit mengganti posisi menteri yang ada. [Suara Pembaruan 3/6/11]

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*