SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

“Polisi Syariah Tasikmalaya Bisa Ditolak”

NurulArifin.Com – Polemik rencana Kota Tasikmalaya membentuk satuan polisi syariah juga sampai di DPR. Anggota Komisi II DPR, Nurul Arifin menegaskan bahwa Kota Tasikmalaya tidak bisa membentuk polisi syariah.

Apalagi, dalam Perda Tasikmalaya No 12 Tahun 2009 yang mengatur tentang kehidupan masyarakat menurut tata nilai Islam, polisi syariah tidak menjadi bagian di dalamnya.

Pemerintah, kata dia, dapat menolak rencana tersebut karena di dalam Undang-undang No 32 Tahun 2004 dijelaskan bahwa urusan agama, hukum, pertahanan, hubungan luar negeri, dan fiskal adalah urusan pemerintah (pusat). “Jadi pemerintah dapat menolak rencana itu,” tegasnya, Kamis 7 Juni 2012.

Pembentukan polisi syariah, kata Nurul, bisa jadi ingin dibentuk untuk menampung desakan dari kelompok-kelompok tertentu.

Untuk itu, Nurul berharap dengan rencana ini pihak kepolisian justru harus menegakkan marwahnya, dan jangan sampai disetir. “Kepala negara jika diperlukan bisa mengintervensi rencana ini,” kata Nurul. Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi menegaskan, pembentukan polisi syariah tidak bisa dilakukan di daerah. Itu kewenangan pusat.

“Bidang agama syariah itu kan urusan pusat dan tidak diserahkan ke daerah. Daerah tidak bisa membuat Perda yang bukan kewenangannya, sehingga tidak mungkin Perda itu disetujui. Itu akan kita koreksi,” ujarnya.

Mendagri akan segera memanggil pejabat Pemerintah Kota dan DPRD Tasikmalaya. Meminta penjelasan. “Segera dalam satu dua hari ini, kami akan berbicara dengan Pemda dan DPRD.”

Sementara, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Reydonnyzar Moenek menjelaskan, Tasikmalaya dengan Aceh — yang sudah memiliki polisi syariah — sangat berbeda.

“Aceh diberikan otonomi khusus. Karena kekhususannya itu, maka kebutuhan lokal (polisi syariah) itu dibuat, dan itu dikawal oleh otonomi khusus. Jadi bisa diterapkan,” ujar Donny.[Vivanews]

Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*