SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Golkar: Keputusan KPU Gugurkan Caleg Jadi Pelajaran Bagi Parpol

KPU mengugurkan seluruh caleg di beberapa dapil dari 5 partai politik yang tak memenuhi ketentuan 30 persen perempuan. Wasekjen Golkar Nurul Arifin, menilai keputusan itu sudah tepat, dan menjadi pembelajaran untuk parpol.

“Ini keberanian luar biasa. Apa yang dilakukan KPU sudah benar dan itu sudah dikonsultasikan ke Bawaslu,” kata Wasekjen Partai Golkar Nurul Arifin dalam diskusi di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakpus, Jumat (14/6/2013).

Menurutnya, partai yang calegnya digugurkan karena tak memenuhi ketentuan 30 persen perempuan memang silakan saja mengadu kepada Bawaslu, parpol perlu belajar dari apa yang diputuskan KPU.

“Ini pelajaran serius buat partai agar tidak main-main soal caleg perempuan,” ungkapnya.

Pihaknya mengapresiasi ketegasan KPU yang tanpa tedeng aling-aling mencoret seluruh caleg meski tercoret karena penempatan caleg perempuan yang salah.

“Jadi kalau KPU tidak berbuat tegas dengan pasal ini tidak akan terjadi. Sekarang bunyi pasal ini sudah berbunyi dan memakan korban. Jadi rekrutmen dan pendidikan politik perempuan dilakukan sungguh-sungguh, ucap anggota komisi I DPR itu.

Sebelumnya, KPU mencoret seluruh caleg di Dapil dari 5 partai politik karena tak memenuhi syarat dan ketentuan penempatan caleg perempuan.

Yaitu, Partai Gerindra di Dapil Jabar IX, PPP di Jabar II dan Jateng III, PAN Dapil Sumatera Barat I dan PKPI kekurangan perempuan di Jabar V dan VI, serta NTT I. Terakhir adalah Partai Hanura yang dicoret di Dapil Jabar II pasca penetapan DCS. (detiknews.com).

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*