SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Pers Relesae, Fit and Propert Tes Calon anggota KIP.

Pers Relesae, Fit and Propert Tes Calon anggota KIP.

Nurul Arifin, anggota komisi I DPR RI.

Tanggal 25 juni – 26 juni 2013, anggota komisi I DPR RI melakukan fit and propert test kepada 21 nama calon anggota yang akan dipilih menjadi anggota Komisi Informasi Publik (KIP).

Dari sejumlah nama yang diberikan pertanyaan, saya melihat semuanya memiliki kompetensi masing-masing dan mereka tentu saja mampu melakukan revitalisasi institusi dan orientasi kinerja untuk progresivitas KIP periode 2013-2017.

Fraksi-fraksi sudah memegang sejumlah nama. Karena hanya ada tujuh nama yang akan diloloskan menjadi anggota KIP, maka komisi I melakukan pendalaman untuk mengetahui sejauh mana kualitas dan kompetensi mereka dalam memimpin lembaga ini ke Depan. Kami dari Golkar melihat, bahwa untuk mendorong demokratisasi dan sikap arogansi lembaga publik dalam memberikan informasi kepada publik, maka diperlukan visi kepemimpinan dan kemampuan manajerial dari setiap calon.

Informasi publik menentukan demokratis atau tidaknya sebuah rezim politik dalam negara demokrasi. Jika informasi bisa di akses oleh siapa saja tanpa mengalami kesulitan, maka di situlah ukuran demokrasi itu sukses, dan goal dari demokrasi sebagian tercapai. Sebaliknya jika tidak demikian, dalam arti informasi tertutup untuk publik, maka bisa dipastikan, kembalinya hantu otoritarianisme itu bakal terjadi. Sebab itu, komisioner KIP yang tujuh orang yang akan dipilih hari ini, akan menjadi penentu awetnya konsolidasi demokrasi.

Karena itu, Golkar menghendaki komisioner yang mampu bersinergi dengan semua lembaga, dengan semua Stakeholder dan mampu membangun komunikasi lintas batas dengan siapapun. Kita butuh kepemimpinan yang memiliki manajemen dan karakter untuk menghadapi badan publik yang tidak menghendaki informasinya di akses oleh publik.

Berita Terkait :

  1. KOMISI II DPR Mulai Uji Calon Anggota Ombudsman Republik Indonesia
  2. Nurul Arifin berharap pada yang kompeten
  3. Independensi Calon Anggota KPU Mengkhawatirkan
  4. Catatan Nurul Arifin Terkait Fit and Proper Test Calon Anggota KPU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*