SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

PRONA Harus Diberlakukan Lebih Adil dan Merata

NurulArifin.Com – Senin (14/3)  Komisi II DPR mengadakan RDP dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang dipimpin langsung oleh ketua komisi II bapak Chairuman.

Secara umum komisi II DPR mempertanyakan berbagai masalah yang masih menjadi persolaan di berbagai daerah mengenai kinerja BPN. Dari mulai senketa tanah yang masih berlarut-larut, program prona yang belum mencapai sasaran, sampai tentang perdebatan isi RUU Pengadaan Tanah untuk Pembangunan (RUTP)  yang saat ini dibahas di pansus. Karena kbetulan BPN adalah pembuat draf UU tersebut.

Beberapa kesimpulan yang dihasilkan dalam rapat tersebut adalah: Pertama,  kekecewaan anggota Komisi II DPR RI kepada BPN terhadap hasil temuan BPK RI sesuai Laporan Hasil Pemeriksaan Semester I Tahun 2010, yang menyatakan bahwa untuk Laporan Keuangan BPN RI Tahun 2009 mendapatkan opini

Disclaimer.  Berdasarkan hal itu Komisi II DPR RI  mendesak BPN RI untuk meningkatkan kinerja seluruh satuan kerja dilingkungannya, terkait dengan tata kelola keuangan dan pengadministrasian.

Komisi II DPR RI juga meminta kepada Kepala BPN RI untuk merevisi peraturan Kepala BPN Nomor 3 Tahun 2011 tentang Penanganan, Pengkajian dan Penyelesaian Sengketa, terutama yang berkaitan dengan:
a. Mekanisme penerimaan pengaduan dari masyarakat baik secara langsung maupun melalui media elektronik.

b. Pengaturan dan mekanisme pemberian sanksi yang tegas dan rinci terhadap pejabat/pegawai BPN RI dan pihak terkait yang melanggar ketentuan yang berlaku.

C.  BPN jg diminta  mengoptimalkan efektifitas pelaksanaan Program Sertifikasi Bagi Masyarakat (PRONA) secara lebih adil dan merata hingga ke daerah-daerah terpencil dan pulau-pulau terluar.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*