SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Rapat Baleg Bersama Meneg PDT (Mewakili Menkeu)

NurulArifin.Com – Rabu (20/6) Badan Legislasi DPR RI (Baleg) melakukan rapat bersama dengam Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal yang datang mewakili Menteri Keungan guna membahas beberapa hal Daftar Inventaris Masalah (DIM) , berikuta beberapa hal yang menjadi pokok bahasan:

1.Sejumlah persoalan yang disampaikan adalah terkait dengan masih adanya 20 DIM perubahan yang akan dibawa ke Panja. Abdul Hakim (PKS) mempertanyakan apakah perubahan yang 20 DIM itu merupakan perubahan substansi atau redaksi. Jika perubahan substansi, maka itu perlu dibahas lebih detail. Selain itu, ada 150 DIM yang dihapus. Dan penghapusan ini akan dibahas di Panja untuk dipelajari secara baik agar dibahas secara lebih lanjut.

2.Dibahas juga mengenai perlunya dipikirkan harmonisasi nomenklatur antara beberapa UU yang sedang dibahas saat ini, yang memiliki keterkaitan secara langsung dengan RUU PDT, diantaranya, RUU Pembangunan Daerah Kepulauan, RUU Pemda yang menempatkan otonomi sebagai basis pembangunan, RUU Desa yang meletakkan desa dalam satu teritori dan juga memiliki otonomi serta menuntut anggaran tersendiri untuk dialokasikan di APBN. Hal ini bisa menyebabkan pembengkakan anggaran.

3.Hal lain adalah fungsi-fungsi yang terkait dengan stakeholder, seperti posisi kementerian PU yang memiliki lanskap kekuasaan pembangunan infrastruktur baik ditingkat nasional dan di daerah, Kemendagri melalui Pemda Provinsi dan Kab/kota, BPNPT, dan menteri PDT, pengaturan dalam RUU Daerah Kepulauan yang juga mengatur tentang adanya transfer dana dari pusat ke daerah. Hal ini dipersoalkan karena proses penganggaran yang bisa tumpang tindih antara kementerian tersebut.

4.Pemerintah mempunyai konsentrasi alokasi dana untuk daerah tertinggal melalui DAK dan DAU. Pada tahun 2013 ada 12 sektor bidang yang mendapatkan alokasi, termasuk kawasan perbatasan dan kawasan daerah tertinggal.

5.Minggu depan akan dimulai konsinyering untuk membahas agar RUU ini bisa dikejar untuk bisa diajukan dalam masa sidang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*