SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

RDPU Baleg Dengan Tim Ahli Terkait RUU Penanganan Konflik Sosial

NurulArifin.Com -Senin, 17 January 2011, Badan Legislasi DPR RI mulai melakukan RDPU dengan berbagai ahli dan pakar untuk membahas  masukan untuk RUU ttg Penanganan Konflik Sosial.

RDPU Baleg pada hari senin ini dimulai dengan  memanggil pakar Dr. Gatot Wibowo,MH.,M.Hum., Lambang Trijono, MA.,& Muh. Marzuki, M.Si.

Meski tidak banyak, namun dalam pembahasan ini masih memunculkan pertanyaan apakah diperlukan sebuah UU Penanganan Konflik Sosial? Dan secara umum semua pakar menyatakan perlunya dibuat UU Penanganan Konflik Sosial.

Pertama, bahwa faktanya konflik tidak bisa ditiadakan sama sekali (zero) karena konflik senantiasa ada dalam masyarakat. Konflik justru menjadi bagian dari dinamika masyarakat yang tak terpisahkan. Apalagi Indonesia adalah negara yang plural, jadi sudah punya potensi untuk terjadi konflik. konflik terjadi karena kesenjangan, baik kesenjangan vertikal maupun kesenjangan horisontal.  Kedua, karena adanya ketiadaan keadilan.

Oleh karena itu masalah penanganan konflik sosial  yang terpenting adalah bagaimana mekanisme penyelesaiannya. Dan sebaiknya hal tersebut diatur dalam UU.

Penanganan Konflik Sosial memang sangat  penting. Menurut Muh. Marzuki, penanganan konflik di Indonesia selama ini diibaratkan seperti mobil pemadam kebakaran tanpa air. ketika terjadi konflik, mobi pemadam kebakaran ini harus mencari air dulu sebelum membantu memadamkan api kebakaran. Jika mobil tiba di lokasi kebakaran, semua menjadi terlambat. Demikian pula dengan penanganan konflik selama ini di Indonesia, pada akhinnya penyelesaiannya tidak bisa dilakukan secara komprehensif. Dengan RUU ini juga perlu mengatur penanganan konflik sosial ini akan menjadi kewenangan departemen apa? apakah depdagri, depag, dan sebagainya. [NA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*