SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Sekjen KPU Vs Komisioner, Komisi II Segera Panggil Mendagri

NurulArifin.Com – Komisi II secepatnya akan memanggil Menteri Dalam Negeri, untuk membahas kisruh yang terjadi antara Sekjen KPU dan Komisioner KPU.

“Secepatnya kita panggil, mungkin minggu kedua setelah reses,” kata anggota Komisi II Nurul Arifin saat diskusi ‘Komisioner versus Sekjen KPU’ di Gedung Bawaslu, Jakarta, Jumat (16/11).

Nurul mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Ketua Komisi II Agun Gunandjar Sudarsa. “Kita ingin membangun pemilu yang berintegritas,” katanya.

Sementara, peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini menyatakan, tantangan terbesar KPU saat ini adalah mengembalikan kepercayaan publik. Sebab selama ini kepercayaan KPU di mata publik memang sedang menyusut. “Komisioner KPU April baru diangkat. Tapi persoalan sudah begini banyak,” kata Titi.

Maka salah satu solusinya adalah intervensi dari Komisi II. “Komisi II diminta perannya,” tegasnya.  Sebab, bila yang terjadi hanya perang pernyataan antara sekjen KPU dan komisioner, tidak menyelesaikan masalah.

Isu ini sendiri muncul setelah komisioner merasakan tidak mendapat dukungan dari Sekretariat Jenderal (Setjen) pada saat pemeriksaan data administrasi parpol calon peserta pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD. KPU tidak mendapat dukungan personel sebanyak 68 orang dari Setjen. Namun, Sekjen KPU Suripto Bambang Setyadi membantah hal itu.[Jurnalparlemen]

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*