SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Seminar hasil riset Perempuan Dalam Pemilukada dan kaderisasi perempuan di Parpol

NurulArifin.Com – Kemitraan bersama FISIP Unair dan Kemitraan Australia Indonesia mengadakan riset “model kaderisasi perempuan di partai politik,” sebagai tindak lanjut hasil riset kaderisasi perempuan di Partai Politik di Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Kedua, melakukan kajian tentang kandidasi perempuan di Jawa Timur dan Sulawesi Utara. Mengapa harus kedua daerah tersebut, ternyata alasannya karena kedua daerah tersebut yang memiliki paling banyak kandidat permpuan dalam pemilukada baik di tingkat propinsi maupun kabupaten/kota sepanjang tahun 2010.

Kajian tentang kandidasi perempuan dalam pemilukada ini mengeksplorasi 3 hal. Pertama, mendeskripsikan kemunculan kandidat perempuan dengan mengkhususkan pada motivasi kandidat perempuan untuk maju dalam pemilukada di kabupaten. Kedua, mengeksplorasi proses bagaimana seseorang akhirnya memutuskan untuk mencalonkan  diri menjadi kandidat baik jalur perseorangan maupun jalur partai politik. Ketiga, mengeksplorasi konteks lokal dalam kandidasi perempuan di pemilukada.

Hasil penelitian ini diberi tanggapan oleh dua nara sumber yaitu andi paris, politisi perempuan dari PAN dan Sri Eko Budi Wardhani dari puskapol UI.  Menurut Bu Andi, model kaderisasi di parpol sebenarnya cukup baik. Ada mekanisme maupun modul yang digunakan. Hanya saja kita perlu mencermati apakah mekanisme dan modul tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan. Seandainya belum, maka perlu diberi usulan dan masukan untuk perbaikan. Hal yang menarik yang disampaikan mba Dhanny adalah bahwa ternyata ada pola khas dari perempuan yang berkiprah di politik, yaitu suport atau dukungan keluarga. Pola ini justru bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari kekuatan perempuan Indonesia. [NA]

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*