SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Seminar Nasional Golkar: Penataan sistem Politik Untuk Memperkokoh Nasionalisme dan Demokrasi Indonesia

NurulArifin.Com – Dalam rangka menyambut HUT ke-46 Partai Golkar menggelar seminar nasional dengan tema “Penataan sistem Politik Untuk Memperkokoh Nasionalisme dan Demokrasi Indonesia” di Aula DPP Partai Golkar di Slipi pada hari Sabtu, 16 Oktober 2010.

Seminar dibuka Ketua Umum DPP Aburizal Bakrie dihadiri oleh sebagian besar pengurus DPP PG dan ketua Dewan Pertimbangan Akbar Tanjung.

Ketua panitia seminar, Nurul Arifin menyebutkan bahwa melalui seminar ini berharap bahwa gagasan-gagasan awal yang lebih terstruktur tentang penataan sistem politik dapat dihasilkan. Melalui penataan kembali sistem politik diharapkan bahwa aspek-aspek fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat makin kita perkokoh.

Seminar Nasional ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dengan sub tema Memperkokoh Nasionalisme menghadirkan pembicara cendekiawan muslim Prof. Dr. Azyumardi Azra, Letjen (Purn) Agus Widjojo, cendekiawan dan budayawan Prof. Dr. Franz Magnis Suseno, Ir. Sri Palupi dengan moderator Binny Buchori.

Franz Magnis Suseno mengatakan jika rasa kebangsaan itu mati, bangsa dan Negara Indonesia akan menjadi hancur. Jadi rasa kebangsaan Indonesia saat ini harus betul-betul diselamatkan supaya tidak menjadikan bangsa Indonesia hancur.

Diskusi pada sesi ini berlangsung dengan hangat khususnya karena banyak yang tertarik dengan data yang dibawa ibu Sri Palupi, apa hubungannya antara kemiskinan dan nasionalisme?

Dalam sesi kedua dengan sub tema Menata Sistem Politik Indonesi menghadirkan pembicara Dr. Idrus Marham, Prof. Dr. Pratikno, Dr. Valina Singka Subekti, M.Si , Prof. Dr Saldi Isra,  moderator Indra J. Piliang.

Dalam diskusi ini menurut pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr Pratikno “Walaupun masih terdapat beberapa masalah dalam implementasi mekanisme demokrasi, demokratisasi Indonesia bisa dinyatakan berhasil”. [NM]

imagebam.com imagebam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*