SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Sistem Penetapan Kursi Sebabkan Ketidakadilan

NurulArifin.Com – Berbagai persoalan yang muncul dalam Panitia Kerja (Panja) Pemilu akan menjadi bahan perbaikan terhadap penyelenggaraan Pemilu 2011. Sebab, sistem penetapan kursi menyebabkan ketidakadilan.

“Logikanya partai yang perolehan suaranya lebih besar akan mendapat kursi lebih banyak. Tapi, ini tidak terjadi dalam pemilu lalu, karena sistemnya seperti itu. Banyak yang dirugikan karena sistem itu. Ini yang akan menjadi catatan untuk perbaikan sistem ke depan,” kata anggota Panja Pemilu, Nurul Arifin, di Jakarta, Senin (11/7).

Nurul menjelaskan, berbagai persoalan yang muncul tidak terlepas dari sistem yang digunakan untuk menetapkan kursi. Dia mencontohkan, ada partai yang memiliki suara jauh lebih besar, tetapi jumlah kursi yang diperolehnya sama dengan partai yang perolehan suaranya kecil. “Ini kan tidak adil bagi partai yang memiliki suara besar. Ke depan, tidak boleh lagi terjadi. Kita harus benahi sistem,” katanya.

Dia mengatakan, panja akan memperhatikan semua pengaduan, sejauh memiliki bukti dan bisa dipertanggungjawabkan. Sebab, tidak mungkin semua informasi dibahas. “Kalau ada bukti, tentu akan dibahas. Tidak mungkin kami bicarakan kalau hanya informasi saja. Yang terpenting, selain mengungkap kebenaran, Panja juga akan mendapat masukan untuk perbaikan sistem pemilu,” ujarnya.

Menurut Nurul, ada juga kejadian di mana sengketa kursi yang melibatkan internal partai justru diserahkan pada partai untuk ditentukan, sehingga merugikan calon yang memang berhak. “Kalau partai kan tidak mungkin lepas dari subjektivitas,” ujarnya.[sinarharapan.co.id]

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*