SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Syarat Capres Tidak Perlu Diturunkan

NurulArifin.Com – Wakil Sekjen Partai Golkar Nurul Arifin mengemukakan, angka 20 persen sudah cukup ideal untuk syarat pencalonan presiden.

Jika diturunkan akan menambah banyak jumlah calon presiden (capres). Idealnya harus dinaikkan supaya capres tidak terlalu banyak.

“Jika ingin lebih sederhana dalam jumlah kandidat capres, logikanya persentasinya ditingkatkan. Toh kenyataannya tetap saja yang mencapai 20 persen pun tidak berani untuk mencalonkan sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lain,” kata Nurul di Jakarta, Kamis (3/5) malam.

Ia menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang mengusulkan angka 15 persen perolehan kursi parlemen bagi parpol untuk bisa mengusung capres-cawapres.

Pertimbangan, angka 20 persen dalam Pilpres 2009 terlalu tinggi sehingga ketika itu hanya Partai Demokrat yang bisa mengusung capres-cawapres tanpa harus berkoalisi dengan  parpol lain.

Nurul menjelaskan dengan syarat 20 persen pada pemilu 2009 lalu, jumlah capres mencapai 4 sampai 5 pasangan. Kondisi itu menyebabkan pemilihan presiden (pilpres) terjadinya dua putaran.

Maka jika ingin sederhana cukup dua atau tiga kandidat saja. Atau lebih ekstrem hanya dua pasangan calon. Jadi tidak perlu ada dua putaran. Caranya dengan menaikkan syarat pengajuan capres.  [Suara Pembaruan]

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*