SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Hari Aids Sedunia Tahun 2010

Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

Tema

Tema peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2010 telah ditetapkan secara internasional oleh PBB yaitu Universal Access  &  Human Right. Untuk Indonesia, tema tersebut  diterjemahkan menjadi Akses Universal dan Hak Asasi Manusia.

Tema tersebut  mempunyai makna bahwa perlindungan hak asasi manusia adalah sesuatu yang fundamental dalam memerangi pandemi HIV dan AIDS secara global. Pengabaian pemenuhan hak asasi manusia akan memicu terjadinya penyebaran HIV yang tidak terkontrol dan akan menempatkan populasi kunci dalam kelompok yang terpinggirkan serta berpotensi meningkatkan mata rantai penularan. Dengan mempromosikan pemenuhan hak asasi manusia, maka orang yang terinfeksi HIV hidup bebas dari stigma dan diskriminasi sehingga jumlah infeksif baru akan  makin dapat ditekan karena semakin banyak mata rantai penularan HIV yang dapat diputus dan bisa dicegah.

Sub Tema

Berdasarkan tema internasional HAS 2010, maka sub-tema yang ditetapkan di Indonesia adalah: :Peningkatan hak dan akses pendidikan untuk semua, guna menekan laju epidemi HIV di Indonesia menuju tercapainya Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs)

Slogan

Slogan Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2010 yaitu: STOP AIDS”: Tingkatkan Hak dan Akses Pendidikan untuk Semua

Berita Terkait :

  1. Tema, Sub-Tema dan Slogan Hari Aids Sedunia Tahun 2009
  2. Penderita AIDS Meninggal Banyak Karena Pasrah
  3. Agar Penderita HIV AIDS Panjang Umur
  4. Kekerasan Terhadap Perempuan Meningkat
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. stop deskriminasi……………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*