SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Tema, Sub-Tema dan Slogan Hari Aids Sedunia Tahun 2009

Tema

Tema peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2009 telah ditetapkan secara internasional yaitu Universal Acces & Human Right. Untuk Indonesia, tema tersebut diterjemahkan menjadi Akses Universal dan Hak Asasi Manusia.

Makna dari tema peringatan adalah bahwa setiap masyarakat khususnya mereka yang memerlukan, mampu memperoleh akses terhadap informasi, pencegahan, dukungan dan pengobatan. Kesehatan pada dasarnya merupakan hak asasi manusia yang utama (health is the first human right),dengan demikian setiap orang termasuk orang yang terinfeksi layak hidup sehat dan memperoleh fasilitas kesehatan. Dengan meningkatnya akses pelayanan dan pengobatan yang baik diharapkan akan dapat menurunkan resiko penularan dan mengurangi laju epidemi HIV di Indonesia.

Sub-Tema

Berdasarkan tema internasional HAS 2009, maka sub-tema yang ditetapkan di Indonesia adalah:“Kerjasama masyarakat dan pemerintah mampu mempercepat  pemenuhan akses pencegahan, perawatan, dukungan dan pengobatan untuk semua”Dalam rangka meningkatkan akses universal maka diperlukan kerjasama yang sinergis antara masyarakat dan pemerintah. Kerjasama tersebut diharapkan mampu mengarusutamakan upaya penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia sehingga dapat mempercepat  pencapaian akses informasi, pencegahan, perawatan, dukungan, dan pengobatan untuk mereka yang membutuhkan.

SloganSlogan Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2009 yaitu:“Stop AIDS: Akses untuk Semua !”

Slogan kampanye ini dimaksudkan agar setiap manusia Indonesia mempunyai rasa kepedulian yang tinggi dalam penanggulangan HIV dan AIDS. Kasus HIV dan AIDS di Indonesia saat ini tidak hanya pada kelompok berisiko saja, akan tetapi sudah berada pada populasi umum, seperti ibu rumah tangga dan anak-anak. Kini saatnya pemerintah dan masyarakat madani bersatu, membuat suatu karya nyata untuk mencegah laju epidemi HIV yang sangat cepat. Selain itu, perlu dilakukan upaya bersama untuk menyediakan akses informasi HIV dan AIDS, pencegahan, dukungan dan pengobatan bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan.

Sumber : www.has2009.com

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. mbak, aq dr dulu udah ngefans bgt ma mbak nurul. syg ngak pernah ada kesempatan tuk bs jumpa. aq skrg ni lg gabung ma LSM SAR (Shimponi Akar Rumput ) di Situbondo – Jatim. Lg mendesak Pemda uk segera membentuk KPA D agar penanganan AIDS dsini bs lbh baik. Krna slma kami sulit sekali bergerak dgn sumber daya yg terbatas…… mohon dbantu yachhh….. thx. btw, klu k situbondo, pls… mampir. kami siapkan jamuan ikan bakar. krna dsini setranya ikan laut….. hahahaaaa……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*