SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

Bandar Narkoba ‘Bonceng’ Farmville di Facebook

Game Farmville, yang kian banyak dimainkan para pengguna Facebook, digunakan oleh bandar narkoba di Taiwan untuk mendistribusikan barang haramnya. Bagaimana caranya?

Seperti dilansir China Times, Rabu (21/10/2009), kepolisian Taiwan mengungkapkan modus baru transaksi narkoba lewat Facebook. Bandar menggunakan sebuah kode rahasia di Farmville yang hanya diketahui pelaku dalam jaringan narkoba.

Kata-kata yang sering digunakan dalam permainan Farmville menjadi kode untuk mengganti kata-kata jumlah ‘barang’ yang dipesan, jenis narkoba, dan lokasi transaksi.

Dipercaya, cara itu membuat bandar narkoba leluasa untuk menghindari pengawasan kepolisian.

Modus transaksi diketahui setelah polisi berhasil menangkap seorang bandar narkoba di sebuah wilayah di Taiwan. Pria berusia 28 tahun itu tertangkap saat sedang bermain Farmville (versi China) dan sedang memegang 15g ampethamine.

Komunikasi juga dilakukan lewat dinding Facebook. Setiap tanaman yang ada di Farmville mewakili jenis obat yang di pesan. Seperti contoh sayuran bit putih untuk memesan Ampethamine. Jika transaksi akan dilakukan maka bandar akan segera mengontak calon konsumen dengan mengatakan, panennya telah siap dan diminta untuk menyiapkan ‘farm coin’.

Polisi saat ini sedang menyelidiki teman-teman tersangka yang terdapat dalam ‘farm list’

Aplikasi Farmville merupakan game yang menawarkan para pengguna Facebook pengalaman sebagai pengelola perkebunan. Aplikasi ini sangat populer di kalangan Facebookers, sehingga menempatkannya sebagai aplikasi teratas dalam 10 aplikasi paling populer. Sumber : Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*