SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT                                                SUARA    GOLKAR    SUARA    RAKYAT

BPN Maluku Berjanji Menyelesaikan Masalah Sengketa Tanah

NurulArifin.Com – Dalam rapat dengan Kepala  BPN Maluku, kami dari Komisi II DPR RI menanyakan masalah yang terjadi terkait dengan sengketa tanah antara Masyarakat Halong dengan para tergugat dari pihak indidu-individu.

Tanah tersebut merupakan tanah Ulayat masyarakat Halong, Ketua BPN Maluku berjanji untuk mempertemukan kedua pihak yang bertikai serta mengupayakan penyelesaian diluar pengadilan.

Tanah ulayat yang luasnya 170 H (eks tanah Erfpacht) itu menjadi sengketa setelah masa sewa tanah berakhir pada tahun 1980.

Seperti yang telah ramai diberitakan media Masyarakat Halong telah menyampaikan laporan kepada BPN Pusat dan kepada Komisi II DPR RI yang membidangi masalah pertanahan. Dalam surat itu, Kepala BPN diminta  agar sertifikat yang telah dikeluarkan oleh BPN Provinsi Maluku harus dicabut, karena telah melanggar aturan.

Masyarakat Halong, keberatan BPN Provinsi Maluku mengeluarkan  HGU dan HGB atas tanah-tanah hak milik Negeri Halong (ulayat), karena diduga dimanipulasi, dan masalah akan di kros cek langsung dengan BPN Provinsi Maluku.[NA/sak]

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

*